Zulkifli Hasan: RI Siap Jadi Fasilitator Perdamaian Dunia

Zulkifli Hasan: RI Siap Jadi Fasilitator Perdamaian Dunia
Ketua MPR Zulkifli Hasan di Forum Parlemen Dunia Untuk Pembangunan (International Forum for Developmentalism Parliamentalism) di Moscow Rusia, Senin (4/6). Foto: Humas MPR

jpnn.com, MOSCOW - Ketua MPR Zulkifli Hasan menyampaikan Pidato Kunci mewakili Indonesia di Forum Parlemen Dunia di Moscow Rusia, Senin (4/6).

Hadir antara lain Pimpinan Parlemen Rusia, Tiongkok, Australia, negara negara Amerika Latin, India dan Asia Selatan sampai Afrika Selatan, Kenya, serta negara-negara Afrika lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Zulkifli Hasan menegaskan bahwa Indonesia siap menjadi fasilitator untuk perdamaian dunia.

"Kehadiran kami di forum ini untuk menunjukkan bahwa Indonesia akan terus menjadi bagian dari perjuangan untuk keadilan dan perdamaian dunia," ujar Zulkifli.

"Pesan konstitusi Indonesia menegaskan bahwa kami harus berperan aktif wujudkan perdamaian dunia," ungkapnya.

Zulkifli Hasan melanjutkan, atas dasar konstitusi itulah Indonesia siap menjadi juru damai dan menfasilitasi perdamaian di beberapa negara yang terjerat konflik.

"Sebagai sesama muslim misalnya Indonesia siap menjadi fasilitator perundingan untuk hentikan konflik berkepanjangan di Timur Tengah," tandasnya.

"Indonesia juga siap menjadi menjadi penengah dalam konflik di Semenanjung Korea. Kami siap memfasilitasi dialog damai antara Korea Selatan dan Korea Utara," tegasnya.

Di Forum Parlemen Dunia, Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan bahwa Indonesia siap menjadi fasilitator untuk perdamaian dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News