Zulkifli Hasan: Saatnya Maju Bersama Menghadapi Globalisasi

Zulkifli Hasan: Saatnya Maju Bersama Menghadapi Globalisasi
Zulkifli Hasan. Foto: Humas MPR

jpnn.com, TUBAN - Ketua MPR Zulkifli Hasan percaya bahwa keberagaman di Indonesia sudah final sejak 71 tahun yang lalu. Karena itu dia percaya toleransi menemukan tempat terbaiknya di Indonesia

"Kita sudah selesai soal perbedaan suku dan agama. Indonesia adalah tempat di mana keberagaman diterima sebagai kesepakatan bersama," kata Zulkifli saat menghadiri perayaan Ulang Tahun Yang Mulia Kongco Kwan Sing Tee Koen ke-1857 di Klenteng Kwan Sing Bio, di Tuban Jawa Timur, Minggu (16/7)

Zulkifli berharap momen perayaan ulang tahun Kongco Kwan Sing Tee Koen ke-1857, digunakan untuk memperkuat persaudaraan sebagai bangsa. Dia mengaku terkesan dengan toleransi yang ditunjukkan masyarakat Tuban

"Kelenteng ini berdiri di tengah masyarakat Tuban yang mayoritas muslim. Ini bukti bahwa bangsa Indonesia sudah terbiasa hidup berdampingan dalam keberagaman," ujarnya.

Zulkifli mengingatkan, 50 tahun dari sekarang industri sudah merambah di berbagai sektor, mulai dari pertanian, hingga perhotelan. Semua menggunakan mesin, dan tidak lagi memakai tenaga manusia.

"Itulah tantangan kita di masa depan, karena itu kita harus memberi bekal ilmu dan teknologi kepada para penerus agar bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lain," ujar Zulkifi.

Dia menambahkan, masih banyak tantangan yang harus dihadapi bangsa Indonesia ketimbang terus menerus mempermasalahkan perbedaan. "Sekarang waktunya maju bersama, apa pun latar belakangnya. Mari bicara bagaimana Indonesia menghadapi globalisasi dan menguasai Iptek," pungkasnya. (adv/boy/jpnn)


Ketua MPR Zulkifli Hasan percaya bahwa keberagaman di Indonesia sudah final sejak 71 tahun yang lalu. Karena itu dia percaya toleransi menemukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News