Kemenag Naikkan Setoran Awal Haji

Antara Rp 30 Juta sampai Rp 32,5 Juta

Kemenag Naikkan Setoran Awal Haji
Kemenag Naikkan Setoran Awal Haji
JAKARTA - Di tengah upaya optimalisasi timbunan dana haji yang masih belum sempurna, Kementerian Agama (Kemenag) berencana menaikkan nominal setoran awal haji reguler. Rencananya mulai 1 Januari 2013 nanti, setoran awal pendaftaran haji dipatok antara Rp 30 juta hingga Rp 32,5 juta per orang.    

Menaikkan setoran awal pendaftaran haji ini bukan yang pertama kalinya dalam sejarah perhajian Indonesia. Ketika sistem pendaftaran dibuka sepanjang tahun pada 2004 silam, pemerintah menetapkan setoran awal sebesar Rp 20 juta per jamaah. Setoran awal ini lantas dinaikkan pada 2010 lalu menjadi Rp 25 juta per jamaah.    

Dengan dinaikkannya setoran awal pendaftaran haji ini, tak pelak pundi-pundi timbunan dana haji kian menggunung. Saat ini saja ketka setoran awal dana haji masih Rp 25 juta per jamaah, timbunan dana haji yang disimpan dalam bentuk sukuk mencapai Rp 44 triliun. Jika tidak hati-hati mengelola dana tersebut, tentu potensi penyelewangannya semakin tinggi.    

Rencana menaikkan setoran awal dana haji ini, disampaikan langsung oleh Menag Suryadharma Ali sebelum tinggal landas menuju Arab Saudi untuk menjadi amirul hajj kemarin (17/10) di bandara Soekarno-Hatta. "Menaikkan setoran awal ini tidak perlu persetujuan DPR. Karena ini hak pemerintah," kata dia. Hanya saja, untuk menentukan bentuk pengelolaan dana haji yang terkumpul baru wajib mendapat restu politisi Senayan.    

JAKARTA - Di tengah upaya optimalisasi timbunan dana haji yang masih belum sempurna, Kementerian Agama (Kemenag) berencana menaikkan nominal setoran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News