Ilmuwan CERN Berhasil Ungkap Keberadaan Materi 'Hantu'

Ilmuwan CERN Berhasil Ungkap Keberadaan Materi 'Hantu'
Ilmuwan CERN Berhasil Ungkap Keberadaan Materi 'Hantu'

jpnn.com - JENEWA - Para ilmuwan di lembaga Penelitian Nuklir Eropa (CERN) dikabarkan berhasil mengonfirmasi keberadaan partikel 'hantu' Z (4430). Temuan ini mungkin menjadi bukti terkuat bentuk baru materi Tetraquark.

"Quark adalah partikel subatomik yang berfungsi sebagai blok bangunan dasar materi di alam semesta. Materi itu selama ini diketahui berpasangan dua atau tiga. Kombinasi beberapa quark membentuk jenis partikel yang disebut hadron, di alam terdapat dua macam hadron yaitu meson dan baryon," ujar Mashable Jason Abbruzzese.

Menurut redOrbit, sebelumnya para ilmuwan menduga Quark bisa mengikat bersama dalam empat pasangan untuk membentuk kuartet, sehingga menjadi sebuah tetraquark.

Namun, tidak ada ahli fisika yang dapat menyelesaikan perhitungan kuantum kompleks yang diperlukan untuk menguji dan memverifikasinya meski menggunakan komputer terkini. Sehingga Tetraquark masih menjadi materi hipotetik. Namun penampakan terbaru di LHC bakal mengungkap keberadaan materi 'hantu' ini.

"Z (4430) apakah ada atau tidak? Kami yakin materi itu nyata," kata Tomasz Skwarnicki, fisikawan Syracuse University di New York.

Penampakan Z (4430) pertama kali dilaporkan detektor Belle di akselerator KEKB di Tsukuba, Jepang, pada 2008. Namun keberadaan partikel dipertanyakan setelah detektor BaBar di akselerator SLAC di Menlo Park, California, gagal memverifikasi.

Sekarang melalui eksperimen LHC yang sebelumnya mampu menyingkap keberadaan partikel Higgs boson telah menemukan sebanyak 4000 partikel. Tantangan berikutnya mengetahui apakah Z (4430) benar-benar sebuah tetraquark.(esy/jpnn)

JENEWA - Para ilmuwan di lembaga Penelitian Nuklir Eropa (CERN) dikabarkan berhasil mengonfirmasi keberadaan partikel 'hantu' Z (4430). Temuan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News