Transmigrasi Belum Capai Target

Transmigrasi Belum Capai Target
Salah satu lokasi transmigrasi. Foto: Landcoalition.org.
JAKARTA - Evaluasi kinerja pemerintah di bidang transmigrasi sepanjang 2009 masih belum memenuhi target. Menyusul rencana revitalisasi program pemekaran daerah tujuan transmigrasi pada tahun ini, sejumlah faktor yang terkait kegagalan pencapaian target mulai dirumuskan.

Data Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) menyebutkan, per 30 Desember 2009, total penempatan berjumlah 8.875 keluarga. Jumlah itu setara 94,26 persen dari target awal sebanyak  9.415 keluarga. Mereka terdiri dari transmigrasi umum  dan transmigrasi swakarsa mandiri, dengan pola usaha tanaman pangan sebanyak  7.475  keluarga, serta transmigrasi swakarsa usaha perkebunan atau kehutanan sejumlah 1.400 keluarga.

"Sebenarnya realisasi  penempatan transmigrasi yang lebih dari 94 persen ini sudah terbilang baik, bahkan lebih baik dari realisasi tahun lalu yang besarnya hanya 85,69  persen," ujar Dirjen Pembinaan Penyiapan Pemukiman dan Penempatan Transmigrasi Depnakertrans, Harry Heriawan Saleh, di Jakarta, Rabu (5/1) kemarin.

Harry mengatakan bahwa angka itu sudah cukup baik. Mengingat katanya, masa transisi nahkoda Depnakertrans yang terjadi di kuartal ketiga 2009 cukup menyita kinerja. Jika capaian ini disebut sebagai hasil kinerja Menakertrans Muhaimin Iskandar, katanya pula, tentu ini capaian yang fantastis. "Karena, hanya dalam hitungan 57 hari sejak dilantik sebagai Menteri, hasilnya ternyata sangat bagus," pujinya.

JAKARTA - Evaluasi kinerja pemerintah di bidang transmigrasi sepanjang 2009 masih belum memenuhi target. Menyusul rencana revitalisasi program pemekaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News