Anas: PT Bukan Pembunuh Parpol

Anas: PT Bukan Pembunuh Parpol
Anas: PT Bukan Pembunuh Parpol
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, membantah anggapan bahwa peningkatan parliamentary threshold (PT) sengaja dilakukan oleh partai politik (parpol) yang mapan, untuk memasung partai politik kecil. Menurutnya, pemberlakuan PT yang diinginkan Partai Demokrat sebesar 4 persen bukan untuk 'membunuh', tetapi sebagai manajemen demokrasi agar parpol lebih tertata.

"Parliamentary threshold ini bukan pemasungan atau pembunuhan parpol, (atau) melawan kebebasan politik. Ini manajemen demokrasi, supaya lebih tertata dan mapan. Sehingga demokrasi yang diterapkan bisa produktif," kata Anas kepada wartawan, usai membuka workshop bertajuk "Menata Kembali UU Politik Menuju 2014" di Hotel Twin Plaza, Jalan S Parman, Jakarta, Jumat (17/12).

Menurut Anas, jika PT tidak dinaikkan, maka pemilu di Indonesia hanya akan bergulat dengan soal penghitungan kursi dan perebutan suara, tidak sampai kepada peningkatan produktivitas dari pemilu. "Pemilu kita hanya bergulat (di situ) terus, sehingga produktifitas menjadi nomor ke-sekian. Butuh pengaturan yang demokratis, dengan semangat kebebasan," katanya.

Pemberlakukan PT (lebih tinggi), kata Anas pula, juga dalam rangka menguji keseriusan partai-partai untuk lebih berprestasi. "Memberikan semangat kepada partai untuk sungguh-sungguh, sehingga bisa melampaui batas minimal, untuk berprestasi. Termasuk mendorong partai tanpa terkecuali, untuk bekerja keras kepada rakyat. (Jadi) idenya bukan menyingkirkan atau membunuh partai baru," tukasnya.

JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, membantah anggapan bahwa peningkatan parliamentary threshold (PT) sengaja dilakukan oleh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News