Demokrat Ingin PT Dinaikkan 4 Persen

Demokrat Ingin PT Dinaikkan 4 Persen
Demokrat Ingin PT Dinaikkan 4 Persen
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum mengatakan peraturan Pemilu Indonesia harus naik kelas. Partai Politik (Parpol) yang tumbuh dan ikut pemilu perlu disederhanakan. Caranya melalui peningkatan angka Parliamentary Threshold (PT)  yang sebelumnya diberlakukan 2,5 persen.

"Ide tentang penyesuain PT perlu naik kelas dalam pemilu sehingga ada penyederhanaan Parpol. Medianya dengan aturan PT, pantas kalau naik. Tapi  tidak boleh terlalu tinggi dan rendah," kata Anas Urbaningrum kepada wartawan di Hotel Twin Plaza, Jalan S Parman, Jakarta, Jumat (17/12).

Anas menyebut angka yang ideal adalah empat persen. Angka 2,5 persen yang diberlakukan sebagai PT pada Pemilu 2009, dengan menaikkan 1,5 persen menjadi empat persen, menurut Anas,  sudah merupakan angka yang demokrat.

"Partai Demokrat menetapkan empat persen, tidak bisa kurang, tapi kalau banyak partai lain yang menginginkan lima persen, Partai Demokrat juga siap," kata Anas. Turut pula mendampingi Wakil Ketua DPP Partai Demokrat, Max Sopacua, Wasekjen Saan Mustafa dan Ketua Fraksi PD, Muh Jafar Hafsah.

JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum mengatakan peraturan Pemilu Indonesia harus naik kelas. Partai Politik (Parpol) yang tumbuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News