2017, Tahun Kebangkitan Ekonomi Umat

2017, Tahun Kebangkitan Ekonomi Umat
Kongres Ekonomi Umat. Foto: Mesya Mohammad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kongres Ekonomi Umat (KEU) Islam Majlis Ulama Indonesia (MUI) telah paripurna diselenggarakan pada 22-24 April 2017 di Hotel Sahid, Jakarta.

Penutupan acara ini ditutup Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

‎Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat‎ Majelis Ulama Indonesia (MUI) M Azrul Tanjung mengatakan, ada beberapa hal yang dideklarasikan dalam KEU‎.

Pertama, menegaskan sistem perekonomian nasional yang adil, merata, dan mandiri dalam mengatasi kesenjangan ekonomi.
Kedua, mempercepat redistribusi dan optimalisasi sumberdaya alam secara arif dan keberlanjutan.

Ketiga, memperkuat sumberdaya manusia yang kompeten dan berdaya saing tinggi berbasis keunggulan IPTEK, inovasi, dan kewirausahaan.‎

"Deklarasi keempat, menggerakkan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah menjadi pelaku usaha utama perekonomian nasional. Kelima, yaitu mewujudkan mitra sejajar Usaha Besar dengan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam sistem produksi dan pasar terintegrasi," kata Azrul dalam laporannya saat penutupan Kongres KEU, Senin (24/4).

Selain itu, deklarasi kelima adalah pengarusutamaan ekonomi syariah dalam perekonomian nasional, tetap dalam bingkai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Point keenam, yaitu membentuk Komite Nasional Ekonomi Umat untuk mengawal Arus Baru Perekonomian Indonesia.‎ ‎

Kongres Ekonomi Umat (KEU) Islam Majlis Ulama Indonesia (MUI) telah paripurna diselenggarakan pada 22-24 April 2017 di Hotel Sahid, Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News