30 Personil Tim Peninjau RI Siap Dikirim ke Kamboja-Thailand

30 Personil Tim Peninjau RI Siap Dikirim ke Kamboja-Thailand
30 Personil Tim Peninjau RI Siap Dikirim ke Kamboja-Thailand
JAKARTA - Menlu RI Marty Natalegawa menyatakan bahwa dalam beberapa hari terakhir, keterlibatan Indonesia sebagai peninjau (observer) dalam penyelesaian konflik perbatasan Kamboja-Thailand, sudah semakin menuju langkah nyata (pelaksanaan). Di mana disebutkannya, beberapa hari lalu RI pun telah mengirimkan semacam Term of References (ToR) kepada kedua belah pihak, yang berisikan teknis keberadaan tim peninjau tersebut.

"Itu, sejauh ini, satu pihak sudah setuju (dengan isinya). Yaitu Kamboja. Sementara satu pihak lagi, yaitu Thailand, meski belum ada pernyataan resmi maupun tertulis, saya dengar belum lama ini, pada prinsipnya juga sudah setuju," ungkap Marty kepada wartawan, di Gedung Pancasila, Kemlu, kawasan Pejambon, Jakarta, Jumat (4/3).

"Ini memang belum final, karena memang dalam ToR ini juga perlu diperjelas beberapa hal teknis lainnya. Seperti misalnya timeframe atau berapa lama waktu pelaksanaan (peninjauan) itu nantinya. Kemudian juga soal wilayah perbatasan mana saja yang harus ditempati, di kedua sisi negara," tambah Marty pula.

Marty pun menambahkan, bahwa pada dasarnya dalam usulan teknis yang disampaikan RI tersebut, tim peninjau akan berjumlah 30 orang, dengan masing-masing 15 orang bakal ditempatkan di areal perbatasan masing-masing negara (Kamboja dan Thailand). Personil tim ini, 26 di antaranya akan berasal dari unsur militer, dengan empat orang sipil yakni masing-masing dua orang dari Kemlu serta dua dari Kementerian Pertahanan (Kemhan).

JAKARTA - Menlu RI Marty Natalegawa menyatakan bahwa dalam beberapa hari terakhir, keterlibatan Indonesia sebagai peninjau (observer) dalam penyelesaian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News