Timor Leste Resmi 'Melamar' ke ASEAN

Serahkan Aplikasi di Pertemuan Bilateral Tingkat Menteri

Timor Leste Resmi 'Melamar' ke ASEAN
DOKUMEN - Menlu Timor Leste Zacaria Albano da Costa (kiri) menyerahkan dokumen formal application untuk keanggotaan ASEAN kepada Menlu RI Marty Natalegawa, Jumat (4/3) di Gedung Pancasila Kemlu, Jakarta. Foto: Arsito Hidayatullah/JPNN.
JAKARTA - Setelah cukup lama disuarakan dan dibicarakan, hari ini, Jumat (4/3), Timor Leste secara resmi akhirnya menyerahkan formal application (dokumen permohonan resmi) untuk menjadi anggota ASEAN. Penyerahan dokumen itu dilakukan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Timor Leste, Zacaria Albano da Costa, kepada pemerintah RI selaku Ketua ASEAN, melalui Menlu Marty Natalegawa, di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jakarta.

Marty Natalegawa menyatakan menyambut baik diserahkannya permohonan tersebut, yang menurutnya akan segera disampaikan kepada negara-negara anggota ASEAN lainnya, untuk kemudian dibahas dalam pertemuan-pertemuan resmi ASEAN. Ia mengatakan, proses pembahasan hingga persetujuan sendiri bisa jadi tak akan selesai dalam satu tahun, namun dipastikan akan menjadi salah satu agenda pembahasan ASEAN di sepanjang tahun ini.

"Ya, memang akan tergantung pandangan dan kesepakatan bersama (anggota ASEAN lainnya) juga nantinya. Tapi kalau sikap kita (Indonesia), sejak awal sudah jelas, karena dari berbagai perspektif, baik secara geografis, geopolitis dan lain-lain, kita memandang Timor Leste sudah seharusnya bergabung dengan ASEAN," ungkap Marty, usai acara yang resminya bertajuk Pertemuan ke-5 Komisi Bersama Tingkat Menteri RI-Timor Leste itu.

Sementara, Da Costa sendiri tanpa sungkan kembali menyatakan antusiasme pemerintahannya untuk bergabung dengan ASEAN. Meskipun diakuinya, Timor Leste masih relatif merupakan negara baru, namun dengan perkembangan pembangunan yang telah berjalan sejauh ini, ia mengaku optimis bahwa negara-negara ASEAN lain akan memandang positif keberadaan mereka. "We will not be a burden for ASEAN," katanya, sambil menambahkan bahwa keterkaitan dengan ASEAN di sisi sebaliknya juga dilihat sebagai peluang untuk berkembang lebih jauh bagi mereka.

JAKARTA - Setelah cukup lama disuarakan dan dibicarakan, hari ini, Jumat (4/3), Timor Leste secara resmi akhirnya menyerahkan formal application

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News