4 Tips Mencegah Resiko Terkena Stroke

4 Tips Mencegah Resiko Terkena Stroke
Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - jpnn.com - Banyak penyebab terjadinya stroke. Mulai dari keluhan penyakit darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi, arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah), gangguan jantung, diabetes (gula darah tinggi), riwayat stroke dalam keluarga dan migren.

Berikut beberapa tips mencegah resiko stroke, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Rabu (18/1).

1. Meningkatkan asupan buah dan sayuran.

Menurut analisis, makan lebih banyak buah dan sayuran telah dikaitkan dengan mengurangi risiko stroke. Analisis ini melibatkan 20 studi yang berbeda yang mengumpulkan data pada 700 ribu orang.

Artikel tersebut menyebutkan, untuk setiap 200 gram buah yang dimakan dalam sehari, risiko stroke menurun sebesar 32 persen.

Sedangkan untuk setiap 200 gram sayuran, mengalami penurunan sebesar 11 persen. Temuan ini konsisten bagi pria dan wanita dari berbagai usia.

2. Hindari makanan tinggi kolesterol.

Asosiasi Stroke Nasional menyebutkan, memiliki kolesterol tinggi bisa menyebabkan stroke. Ketika ada banyak zat lemak dalam darah, maka hal ini bisa menyebabkan penumpukan plak pada arteri.

Banyak penyebab terjadinya stroke. Mulai dari keluhan penyakit darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi, arteriosklerosis (pengerasan pembuluh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News