8 Kiat Menurunkan Berat Badan di Usia 40-an

8 Kiat Menurunkan Berat Badan di Usia 40-an
Berat Badan. Foto IST

jpnn.com - Pada usia 40-an, menurunkan berat badan akan terasa sulit dilakukan. Perubahan tingkat aktivitas, kebiasaan makan, hormon, dan cara tubuh menyimpan lemak adalah beberapa faktor penyebabnya. Akan tetapi, beberapa langkah sederhana ini bisa membantu berat badan Anda tetap ideal.

Menurut dr. Rio Aditya kepada KlikDokter, penting menjaga berat tubuh tetap  ideal ketika memasuki usia 40 tahun.

“Ini karena usia 40 dan berat badan berlebih akan sangat membahayakan kesehatan,” kata dia.

"Usia 40 tahun merupakan saat yang tepat untuk mengetahui tekanan darah, berat badan, nilai kolesterol, dan gula darah. Melakukan tes kesehatan bisa membantu Anda untuk mengetahui potensi adanya penyakit yang berbahaya," ujar dr. Rio.

Kelebihan berat badan dan obesitas berhubungan dengan penyakit-penyakit kronis, seperti jantung, diabetes, dan stroke. Gangguan kesehatan ini rawan muncul ketika memasuki usia 40 tahun. Karena itu, menurunkan berat badan adalah salah satu cara membuat tubuh Anda tetap sehat.

Berikut beberapa tips sederhana untuk menurunkan berat badan di usia 40-an.

1. Perbanyak asupan buah dan sayuran

Isi setengah piring Anda dengan buah dan sayuran setiap kali makan. Buah dan sayuran cenderung memiliki lebih banyak nutrisi dan lebih sedikit lemak dan kalori daripada daging, produk susu, atau biji-bijian. Buah juga membantu Anda merasa kenyang, bahkan jika Anda makan lebih sedikit. Buah-buahan segar, seperti apel dan beri, juga baik untuk menggantikan camilan yang tinggi lemak dan gula.

Perubahan tingkat aktivitas, kebiasaan makan, hormon, dan cara tubuh menyimpan lemak adalah beberapa faktor penyebabnya. Akan tetapi, beberapa langkah sederhana ini bisa membantu berat badan Anda tetap ideal.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News