Anggota MPR Viva Yoga: Masalah DPT Sudah Ada Sejak Pemilu 1999

Anggota MPR Viva Yoga: Masalah DPT Sudah Ada Sejak Pemilu 1999
Viva Yoga Mauladi. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota MPR Fraksi PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, persoalan daftar pemilih tetap (DPT) bukan baru pertama kalinya terjadi di pemilu 2019.

Menurut Viva, temuan masalah DPT sudah ada sejak Pemilu 1999 maupun 2014. Viva mengatakan bahwa DPT adalah masalah besar bagi negara, pemerintahan RI, serta siapa pun yang berkuasa nanti.

"Coba baca tentang temuan hasil DPT pada Pemilu 1999 sampai Pemilu 2014, sampai sekarang masalah DPT ini tidak akan selesai," kata Viva dalam diskusi Mengawal Legitimasi DPT Pemilu 2019' di gedung parlemen, Jakarta, Jumat (15/3).

Dia menambahkan, pada Pemilu 2014 lalu, PDI Perjuangan yang kala itu masih menjadi oposisi juga mempersoalkan DPT.

BACA JUGA: Tanggapan Kemendagri terhadap Hasil Investigasi BPN Prabowo - Sandi

"DPT KPU 186 juta, dari PDIP mempesoalkan ada 10,8 juta yang bermasalah di dalam Pemilu 2014," katanya.

Menurut Viva, persoalan DPT yang dimasalahkan itu bukan dalam kerangka untuk mendelegitimasi penyelenggara pemilu. Dia menegaskan, bukan pula dalam rangka untuk mencurigai proses pemilu agar terjadi kecurangan manipulasi data.

"Bukan, tetapi hal yang penting dalam demokrasi elektoral ini adalah menyelamatkan hak konstitusional WNI yang dijamin oleh undang-undang bahwa setiap WNI punya hak untuk memilih dan dipilih," katanya.

Pada Pemilu 2014 lalu, PDI Perjuangan yang kala itu masih menjadi oposisi juga mempersoalkan DPT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News