CCTV Bakal Disebar Hingga Kecamatan

CCTV Bakal Disebar Hingga Kecamatan
Polisi melakukan simulasi pengamanan. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com — Pemerintah Kota Manado, Sulut, akan memasang Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah titik yang rawan kejahatan.

Direncanakan, bakal ada 50 titik dipantau CCTV. Untuk tahap pertama, baru delapan kecamatan yang akan dipasang CCTV.

Selain itu, salah satu terobosan dalam keamanan adalah bakal hadirnya Call 110 yang merupakan panggilan langsung ke aparat keamanan. Setiap Polres memiliki ini. Peluncurannya tinggal menunggu perintah Mabes Polri.

“Kita menggunakan skala prioritas. Bukan berarti kecamatan yang belum mempunyai CCTV tidak kita support. Nanti di sepanjang 2017, akan tambah lagi sampai 50 titik di wilayah-wilayah lain. Sampai seluruh Kota Manado bisa terpantau,” tutur Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Manado Yohanis Waworuntu.

Lanjutnya, operator dari command center akan memonitor baik sisi keamanan, kebersihan, dan transportasi.

“Untuk sementara 10 orang akan bertugas. Kita akan kondisikan 24 jam, baik servernya atau kondisi pelayanan IT. Pemantauan di atas jam 12 malam akan dibuatkan piket,” terangnya.

Selain terhubung ke command center, sistem ini akan terhubung ke gadget wali kota dan wakil wali kota.

“Memakai jaringan FO yang kita pakai untuk memonitor dari command center, Pak Wali Kota dan Wawali juga bisa langsung memantau aktivitas warga melalui gadget mereka,” tandasnya.

JPNN.com — Pemerintah Kota Manado, Sulut, akan memasang Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah titik yang rawan kejahatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News