Empat Penyebab Nilai Rata-Rata Unas SMA - SMK Turun

Empat Penyebab Nilai Rata-Rata Unas SMA - SMK Turun
Sejumlah siswa SMKN 4 Semarang merayakan kelulusan mereka dengan aksi corat-coret baju, Kamis (3/5). Ilustrasi Foto: Adityo Dwi/Radar Semarang/JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Seperti di daerah lain, nilai rata-rata ujian nasional (Unas) jenjang SMA, SMK, dan MA di Banyuwangi, Jatim, tahun 2018 juga turun dibandingkan tahun sebelumnya. Ironisnya, di saat nilai rata-rata hasil Unas jeblok, tidak sedikit siswa yang acuh tak acuh dengan kenyataan itu.

Buktinya, ratusan siswa justru melakukan konvoi lengkap dengan baju seragam yang telah dicoret-coret aneka warna usai pengumuman kelulusan siswa Kamis (3/5).

Kepala Cabang (Kacab) Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Banyuwangi Istu Handono membenarkan nilai rata-rata hasil Unas siswa se-Banyuwangi mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Menurut dia, fenomena tersebut tidak hanya terjadi di Bumi Blambangan, tetapi juga terjadi di tingkat Jatim, bahkan nasional.

”Nilai rata-rata hasil Unas cenderung turun. Untuk itu, Dispendik Jatim tengah mengupayakan ke depan membuat strategi tertentu untuk meningkatkan raihan Unas,” ujarnya. Dia menyebut dua penyebab nilai rata-rata Unas turun.

Pertama, soal higher order thinking skill (HOTS) alias soal yang memadukan kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif, kemampuan berargumen, serta kemampuan mengambil keputusan bukanlah satu-satunya penyebab penurunan nilai rata-rata hasil Unas tahun ini.

Kedua, penurunan nilai juga disebabkan kepanikan sebagian siswa. Istu menuturkan, ada beberapa penyebab kepanikan siswa saat menghadapi soal Unas. Salah satunya adalah soal matematika yang dinyatakan sangat sulit lantaran kisi-kisi soal ujian dengan soal Unas sesungguhnya ternyata berbeda.

”Selain itu, soal yang dikeluarkan adalah soal yang belum pernah diajarkan. Ini sudah diakui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” aku Istu.

Ketiga, siswa belum terbiasa mengerjakan soal dengan hitungan waktu. Saat mengerjakan soal ujian nasional berbasis komputer (UNBK), waktu mengerjakan soal terus terpampang di layar monitor. Hal ini membuat siswa gugup.

Nilai rata-rata ujian nasional (Unas) jenjang SMK, SMK, dan MA di Banyuwangi mengalami penurunan, setidaknya ada empat penyebab.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News