Festival BMW Biak 2017 Pecahkan Tiga Rekor

Festival BMW Biak 2017 Pecahkan Tiga Rekor
Korinus Arwam saat berjalan di atas batu barapen yang panas di Hanggar Lanud Manuhua Biak pada pembukaan Festival Biak Munara Wampasi I tahun 2012. Foto: Dok. Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor

jpnn.com, BIAK - Pembukaan Festival Biak Munara Wampasi (BMW) ke-5, Sabtu (1/7) berlangsung meriah. Perhelatan yang digelar hingga 4 Juli 2017 di Nirmala Beach Hotel, Biak, Papua itu dibuka langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise.

Acara yang juga didukung Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu juga sukses mendapatkan pengakuan dunia. Festival yang masuk ke dalam Calender of Events Kemenpar itu mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri.

Penghargaan-penghargaan itu antara lain Official World Record Certificate sebagai Largest Traditional Boat dengan ukuran  terbesar 30 Meter dan 1000 drum tifa dalam acara pembukaan. Penghargaan tersebut dikeluarkan oleh www.recordholdersrepublic.co.uk

Sementara penghargaan kedua adalah dari Museum Rekor Indonesia (Muri). Yakni penghargaan untuk Bupati Biak Thomas Alfa Edison sebagai Penggagas Perahu Tradisional Terbesar dan 1000 Drum Tifa. Sedangkan penghargaan yang terakhir adalah untuk penyelenggara Perahu Tradisional Terbesar dan 1000 Drum Tifa Dewan Kesenian Biak di perhelatan BMW 2017 tersebut.

"Terima kasih kepada Kementerian Pariwisata yang telah konsisten dan terus menerus mendukung acara festival kami ini, terutama kepada bapak Menteri Pariwisata yang diwakilkan kepada Ibu Deputi (Esthy Reko Astuti, red). Berkat dukungan Kemenpar, kami percaya bahwa pariwisata akan menjadi sektor unggulan di Biak,"ujar Thomas dalam sambutannya. 

Thomas menambahkan, penghargaan-penghargaan tersebut diharapkan agar Biak selain semakin dikenal di domestik dan juga menjadi dikenal di mata dunia. “Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait agar Biak semakin banyak didatangi oleh maspakai-maskapai dalam dan luar negeri, karena bandara sudah internasional, tinggal kami menyiapkan destinasi semakin baik dan sumber daya yang segera siap,"kata Thomas.

Dalam acara pembukaan, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti mendapatkan kehormatan membuka festival. Perempuan berhijab itu dalam sambutannya mengatakan bahwa Biak harus konsisten mengadakan even seperti BMW 2017.

Event itu harus digelar setiap tahun dan dipublikasikan di semua elemen media terutama di dunia digital. Dan yang terpenting adalah persiapannya harus matang.

Pembukaan Festival Biak Munara Wampasi (BMW) ke-5, Sabtu (1/7) berlangsung meriah. Perhelatan yang digelar hingga 4 Juli 2017 di Nirmala Beach Hotel,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News