GP Ansor Gelar Apel Kebangsaan Demi Menjaga Keutuhan NKRI

GP Ansor Gelar Apel Kebangsaan Demi Menjaga Keutuhan NKRI
Ratusan anggota PC GP Ansor-Kota Batam menggelar apel kebangsaan dengan tema 'Sepenuh Hati Menjaga NKRI' di alun-alun Engkuputri Batam, Minggu (21/5). Semua anggota sepakat untuk tetap menjaga keuntuhan NKRI. F. Cecep Mulyana/ Batam Pos/jpg

jpnn.com, BATAM - Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Zakki Mubarok hadir dalam apel kebangsaan PC GP Ansor-Kota Batam 'Sepenuh Hati Menjaga NKRI' di alun-alun Engkuputri Batam, Kepri, Minggu (21/5).

Dalam kesempatan tersebut, di depan ratusan peserta apel Zakki menyampaikan pentingnya menjaga persaudaraan dan persatuan dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Persatuan adalah satu hal yang harus dipertahankan dan perbedaan adalah hikmah sebenarnya, yang harus kita ambil manfaatnya," kata Zakki seperti dilansir Batam Pos (Jawa Pos Group) hari ini.

Menurut Zakki, dalam ber-Indonesia NU berpedoman pada tiga jenis persaudaraan. Pertama, ukhuwah Islamiyah (persaudaraan umat islam) yakni persaudaraan sesama umat islam.

Kedua, ukhuwah wathaniyah (persaudaraan bangsa) yakni persaudaraan sesama bangsa Indonesia, dan ukhuwah insaniyah (persaudaraan umat manusia) yakni persaudaraan yang tak pandang agama, ras, suku dan lain-lain yang membuat perpecahan.

"Tiga ini lah yang dipedomani NU," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam, Usman Ahmad, sepakat jika prinsip NKRI harga mati mesti terus dijaga semua elemen bangsa.

"Seperti yang disampaikan pak Zakki tadi, kita bangun ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, ukhuwah insaniyah. Ini prinsip yang harus kita bina bersama," ajaknya.

Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Zakki Mubarok hadir dalam apel kebangsaan PC GP Ansor-Kota Batam 'Sepenuh Hati Menjaga NKRI' di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News