H-3 Idulfitri, Harga Ikan Gabus Giling Capai Rp85 Ribu Perkilogram

H-3 Idulfitri, Harga Ikan Gabus Giling Capai Rp85 Ribu Perkilogram
Pasar Ikan. Foto: ilustrasi dokumen JPNN

jpnn.com, PALEMBANG - Memasuki H-3 Idulfitri, beberapa bahan sembako di pasar mulai menunjukkan peningkatan cukup signifikan. Kenaikan tertinggi terjadi pada buncis yang mencapai 200 persen dibandingkan awal Ramadan.

Kemarin (22/6), harganya di kalangan pedagang Pasar 26 Ilir dijual pada kisaran Rp10 ribu-17 ribu/kg.

“Kalau diambilkan Rp10 ribu/kg. Tapi bila ingin memilih sendiri, harganya Rp15 ribu/kg. Sedangkan bagi yang bukan langganan kami jual Rp 17 ribu/kg. Dibandingkan awal bulan lalu, terjadi kenaikan 200 persen dari harga sebelumnya Rp5 ribu-7 ribu/kg,” kata Yuni (41), pedagang sayur di Pasar 26 Ilir yang ditemui di lapaknya berjualan, kemarin (22/6).

Selain itu, untuk bawang merah dijual seharga Rp24 ribu/kg dan bawang putih dikisaran Rp35-40 ribu/kg. Sedangkan cabai merah besar (lombok, red) dihargai Rp14 ribu/kg dan cabai merah keriting Rp24 ribu/kg.

“Harga ini akan terus bergerak hingga H-1 Lebaran. Sebab diprediksi kebutuhan akan semakin meningkat dan stok yang ada juga berkurang akibat pembatasan pengiriman selama jelang Lebaran dari Pulau Jawa,” jelasnya.

Di tempat terpisah, untuk ikan giling jenis tenggiri biasa Rp38 ribu/kg. Sedangkan untuk ikan tenggiri super Rp42 ribu/kg. Sementara untuk ikan giling jenis gabus dijual antara Rp75 ribu-80 ribu/kg. Ikan giling gabus super mencapai Rp85 ribu/kg.

“Sekarang kami lebih fokus untuk memenuhi pesanan saja. Meski begitu, kita juga tetap menyiapkan, tapi tidak banyak seperti hari biasa,” ulas Murni, pedagang ikan giling.

Sementara itu, untuk harga daging ayam yang awal pekan lalu sekitar Rp30 ribu/kg, sekarang dijual pedagang antara Rp35-37 ribu /kg.

Memasuki H-3 Idulfitri, beberapa bahan sembako di pasar mulai menunjukkan peningkatan cukup signifikan. Kenaikan tertinggi terjadi pada buncis yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News