Harga Cabai Tinggi, Menko Darmin: Normal Saja itu

Harga Cabai Tinggi, Menko Darmin: Normal Saja itu
Ilustrasi. Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menganggap, mahalnya harga cabai di musim penghujan merupakan hal yang wajar.

"Kalau (harga) cabai tinggi di musim penghujan normal saja itu," kata Menko Darmin di kompleks Istana Negara, Jumat (10/2).

Saat disinggung banyaknya keluhan dari pedagangan makanan seperti Warung Tegal (Warteg), Darmin justru menilai bahwa petani akan semakin dirugikan jika harganya turun.

"Lebih kasihan lagi petaninya kalau dibikin harga turun, karena produksi dia rusak. You (kamu) jangan memikirkan warteg saja, pikirkan juga petani," tutur Darmin.

Namun, saat ditanya mengenai solusi pemerintah mengatasi tingginya harga cabai, Darmin justru terkesan pasrah.

"Jadi begini, ada dua hal. Pertama, menanam cabai di musim hujan apalagi ada hama itu gak bisa diapa-apain. Semua negara begitu. You (kamu) cek negara lain stabil gak. Tidak ada yang stabil," ujarnya.

Kedua, lanjut dia, masyarakat harus diyakinkan untuk tidak harus menggunakan cabai segar. Sebab, pemerintah juga tidak bisa misalnya melakukan kebijakan impor.

"Kalau impor tidak ada karena negara lain juga tidak bagus kondisinya," tambah dia.(fat/jpnn)


Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menganggap, mahalnya harga cabai di musim penghujan merupakan hal yang wajar.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News