Jokowi Dapat Gelar Kapiteng Lau Pulo

Jokowi Dapat Gelar Kapiteng Lau Pulo
Jokowi menerima gelar Kapiteng Lau Pulo. Foto: Biro Pers Istana

jpnn.com, TANAH BUMBU - Presiden Joko Widodo mendapat kehormatan menerima gelar Kapiteng Lau Pulo dari lembaga adat Tanah Bumbu di Kalimantan Selatan, Minggu (7/5).

Didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, presiden mengikuti prosesi penobatan adat berupa pengalungan kain adat dan penyematan ikat pinggang saat kunjungan kerja Lintas Nusantara.

Prosesi tersebut dilakukan Ketua Lembaga Adat Tanah Bumbu Burhansyah, di Tugu Pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu.

Burhansyah menyebutkan pemberian gelar tersebut sebagai bentuk sukacita dan terima kasih para nelayan suku Bugis kepada Presiden Jokowi yang telah menjaga kedaulatan maritim, dan melestarikan sumber daya laut.

"Gelar ini sebagai simbol kebersamaan, dan gotong royong," ujar Burhansyah, dalam acara Puncak Budaya Maritim Pesta Laut Mappanretasi 2017 di Pantai Pegagan, Tanah Bumbu.

Setelah mengikuti prosesi adat tersebut, Jokowi dan Iriana berjalan kaki menuju dermaga untuk melihat kapal-kapal yang akan berlayar.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Bupati Tanah Bambu Mardani Maming. (fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo mendapat kehormatan menerima gelar Kapiteng Lau Pulo dari lembaga adat Tanah Bumbu di Kalimantan Selatan, Minggu (7/5).


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News