Kembali ke Kampung, Menteri Susi Lakukan Ini untuk Masyarakat

Kembali ke Kampung, Menteri Susi Lakukan Ini untuk Masyarakat
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti hari ini mengunjungi daerah asalnya di Pangandaran, Jawa Barat. Di sana, Susi menyelenggarakan pelatihan bagi masyarakat di Kabupaten Pangandaran untuk menebarkan benih ikan dan menyampaikan bantuan.

Susi menjelaskan, pelatihan tersebut terdiri dari dua paket, yakni pelatihan Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dalam mendukung Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) budidaya.

Adapun pelatihan tersebut diikuti 130 orang peserta dengan dana Rp320 juta. Calon peserta yang dilatih yakni kelompok yang akan menerima bantuan dari unit kerja Eselon 1 teknis lingkup KKP, hasil koordinasi Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDMP KP) BPSDMP dengan serta dinas KKP Kabupaten Pangandaran.

“Sehingga pelatihan yang diberikan bisa tepat sasaran. Bidang pelatihan yang dilaksanakan sesuai dengan bantuan yang diserahkan, sehingga nantinya penerima bantuan bisa mengoperasionalkan bantuan secara optimal,” kata Susi dalam siaran persnya, Jumat (6/11).

Di samping bantuan pelatihan, BPSDMP KP juga menyelenggarakan penyuluhan bagi masyarakat, termasuk di Pangandaran, dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat.

“Mereka bertugas melakukan pendampingan dan bimbingan bagi masyarakat pelaku usaha di sektor KKP, mencatat data dan permasalahan di lapangan untuk disampaikan ke pusat. Serta bertindak sebagai Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) sebagai jembatan antara pelaku utama dengan perbankan dalam mengembangkan usahanya,” papar Susi.

Melalui pelatihan tersebut, diharapkan bisa meningkatkan kapasitas sekaligus meningkatkan produktivitas masyarakat pelaku usaha, khususnya di Kabupaten Pangandaran dan menciptakan SDM unggul yang kompeten.(chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti hari ini mengunjungi daerah asalnya di Pangandaran, Jawa Barat. Di sana, Susi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News