Limbah Ancam Kesehatan Warga

Limbah Ancam Kesehatan Warga
Limbah Ancam Kesehatan Warga
MAJALAYA – Pencemaran lingkungan di Kecamatan Majalaya sudah sangat parah. Jika tidak segera diatasi, sedikitnya sekitar 6.000 jiwa terancam berbagai jenis penyakit berbahaya akibat pencemaran limbah itu.

Demikian disampaikan Ketua LSM Elemen Lingkungan (Elingan) Kab Bandung, Deni Riswandani seperti dilansir Bandung Ekspres, Jumat (4/2). Dia mengungkapkan hampir semua sungai dan anak sungai yang dilalui pabrik tekstil di Majalaya, berwarna hitam pekat dan berbau tajam.

Kejadian paling parah, adalah di RW 09 dan 10 desa Sukamaju yang dihuni sekitar 6000 jiwa. Masyarakat di sana, lanjut Deni, setiap malam harus menghirup bau limbah cair dari pabrik hingga 3 kali lipat dari daerah lain.

Deni mengatakan, dari hasil penelusuran di lapangan tiga anak sungai Citarum seperti sungai Ciwalengke, Sasak Benjol dan sungai Cikembang airnya tampak berwarna kemerah-merahan dan menyebarkan bau yang menyengat. Warna kemerah-merahan itu adalah akibat dari limbah celup tekstil yang dibuang ketiga sungai tersebut.

MAJALAYA – Pencemaran lingkungan di Kecamatan Majalaya sudah sangat parah. Jika tidak segera diatasi, sedikitnya sekitar 6.000 jiwa terancam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News