Mahasiswa KKN Ikut Membersihkan Sungai Citarum, Keren!

Mahasiswa KKN Ikut Membersihkan Sungai Citarum, Keren!
Mahasiswa Universitas Budi Luhur melaksanakan KKN. Foto: Humas Universitas Budi Luhur

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Budi Luhur memberangkatkan 952 mahasiswa peserta KKN (Kuliah Kerja Nyata). KKN angkatan ke-2 ini mengambil tema “Mendidik Generasi Cerdas Berbudi Luhur” , dilaksanakan di 95 lokasi yang tersebar di 6 provinsi.

Rinciannya 33 titik lokasi di 17 kecamatan di wilayah Provinsi DKI Jakarta), 9 titik lokasi di 2 kecamatan di Provinsi Banten, 38 titik lokasi di 11 kecamatan di Provinsi Jawa Barat.

Selanjutnya, 9 titik lokasi di 3 kecamatan di Provinsi Jawa Tengah;,3 titik lokasi di 1 kecamatan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan 3 titik lokasi di 2 kecamatan di Provinsi Jambi.

Dari keterangan resmi Humas Universitas Budi Luhur dijelaskan di setiap titik lokasi mahasiswa akan berada di lokasi selama 1 bulan. Dosen Pembimbing Lapangan yang terlibat dalam kegiatan KKN ini berjumlah 35 orang.

Kegiatan yang akan dilakukan mahasiswa selama di lapangan antara lain, pertama, program Citarum Harum, yaitu terlibat dalam program pemerintah Jokowi untuk membersihkan Sungai Citarum – sungai terkotor di dunia - yang ditargetkan selesai dalam 7 tahun.

Kedua, membangun 50 panel solar sel di wilayah Karawang, dan 50 panel solar sel di wilayah Pandeglang untuk memberikan penerangan listrik bagi masyarakat yang selama ini belum menikmati listrik.

Ketiga, bekerja sama dengan Yayasan Rimbo Kito untuk “menyapa” Suku Anak Dalam di Kecamatan Tebo, Provinsi Jambi untuk mengembangkan sumber daya manusia yang ada di suku tersebut.

Termasuk di 3 titik lokasi ini, program KKN membangun dan memperkenalkan “jamban” bagi masyarakat yang masih primitif.

Mahasiswa Universitas Budi Luhur melaksanakan KKN antara lain terlibat dalam program pemerintah Jokowi untuk membersihkan Sungai Citarum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News