Menteri Amran Optimistis Polbangtan Cetak Generasi Petani Milenial Sukses

Menteri Amran Optimistis Polbangtan Cetak Generasi Petani Milenial Sukses
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat meresmikan Kampus II Bone Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa di Bone, Sulawesi Selatan, Senin (8/4) pagi. Foto dok Kementan

jpnn.com, BONE - Kementerian Pertanian terus melakukan gerakan penumbuhan generasi muda milenial di bidang pertanian yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan informasi. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memperkuat pendidikan dan pelatihan vokasi untuk melahirkan sumber daya manusia terampil yang siap memasuki dunia kerja.

“Terobosan perubahan STPP (Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian) menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian telah berhasil meningkatkan pendaftar di tahun 2018 sebesar 1.238% jika dibandingkan 2013.

Pengembangan pertanian modern berbasis teknologi melalui mekanisasi dan digitalisasi juga akan menjadikan pendidikan pertanian semakin menarik bagi generasi muda.”

Hal ini disampaikan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat meresmikan Kampus II Bone Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa di Bone, Sulawesi Selatan, Senin (8/4) pagi. Kampus II Polbangtan Gowa ini terletak di Desa Mappesangka & Desa Turuadae, Kecamatan Ponre dengan lahan seluas 10,5 hektare.

Perubahan konsep dari STPP menjadi Polbangtan ditujukan untuk menumbuhkan lebih banyak lagi wirausahawan muda.

Selain itu, keberadaan Polbangtan akan disinergikan dengan sejumlah program Kementan yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan petani milenial termasuk di dalamnya petani dan santri tani milenial.

“Langkah ini kami ambil untuk menyukseskan Program Pembangunan Pertanian Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045,” ujar Amran.

Polbangtan sebagai pendidikan tinggi vokasi disebut Amran memiliki peran strategis dan berada di garda terdepan dalam mendidik generasi milenial menjadi tenaga-tenaga terampil, professional, dan berdaya kompetitif tinggi yang akan meningkatkan daya saing bangsa. Amran bahkan menyebutkan bahwa sudah ada dua menteri yang merupakan lulusan dari STPP sebagai embrio Polbangtan.

Kepedulian Mentan Amran terhadap masyarakat terpinggir turut mendongkrak perekonomian Bone di Sulawesi Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News