Nilai UN Turun Belum Tentu karena Siswa Malas Belajar

Nilai UN Turun Belum Tentu karena Siswa Malas Belajar
Retno Listyarti. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti menyoroti kabar bahwa nilai unas akan kembali dijadikan pertimbangan kelulusan.

Alasannya adalah nilai unas SMA sederajat tahun ini turun. Pemicunya siswa tidak bergairan belajar, sebab nilai unas tidak jadi penentu kelulusan. ’’Rencana membuat unas menjadi penentu kelulusan didasari dari premis yang lemah,’’ katanya, seperti diberitakan Jawa Pos.

Retno menegaskan nilai unas yang turun tahun ini, tidak bisa lantas disimpulkan gairah belajar siswa rendah atau menurun. Dia lebih menyoroti keberadaan soal ujian yang sulit atau higher order thinking skill (HOTS).

Retno mengatakan siswa sudah belajar tekun jelang unas. Ternyata soal ujiannya tidak sesuai dengan yang dipelajari maupun diajarkan di kelas sehari-hari.

Dia berharap Kemendikbud mengkaji soal HOTS, ketimbang mengkaji untuk menjadikan unas sebagai penentu kelulusan. Menurut Retno soal HOTS itu harus penalaran yang didasari pada keseharian siswa.

’’Ada soal HOTS yang menyuruh siswa menghitung kadar NaCl dalam salju. Ini tidak kontekstual, karena siswa Indonesia tidak pernah berjumpa dengan salju,’’ jelasnya.

Retno khawatir bahwa soal yang disebut HOTS itu tidak didasari atas kajian yang mendalam. Soal yang kemudian ramai digunjing siswa di media sosial itu, asal mengambil dari soal PISA atau sejenisnya. (lyn/wan)


Nilai Ujian Nasional (Unas) SMA sederajat tahun ini turun belum tentu karena gairah belajar siswa rendah.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News