Pembelaan Nusron Wahid untuk Pelafalan Alfatihah ala Jokowi

Pembelaan Nusron Wahid untuk Pelafalan Alfatihah ala Jokowi
Nusron Wahid di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (9/10). Foto: M Fathra Nazrul/JPNN

jpnn.com, BOGOR - Aksen Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan Alfatihah untuk mendoakan korban bencana menjadi olok-olok di media sosial. Sebab, lafal yang diucapkan Presiden Ketujuh RI itu terdengar tak pas, karena Alfatihah menjadi Alfatekah.

Hal ini terjadi di sela-sela Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-27 di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Minggu malam (7/10). Videonya pun menjadi viral.

Namun, mantan Ketua Umum GP Ansor Nusron Wahid membela Jokowi dari berbagai tudingan miring soal pelafalan Alfatihah yang dianggap salah itu. Bagi Nusron, pelafalan Alfatihah yang dipersoalkan itu hanya masalah logat.

“Enggak usah dipersoalkan. Kecuali kalau dalam salat, itu harus fasih," kata Nusron kepada wartawan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/10).

Politikus Golkar itu lantas mencontohkan cara orang Jawa melafalkan alkhamdulillah menjadi alkamdulillah. Ada pula yang melafalkan Allah menjadi Alloh.

Bahkan, banyak orang Jawa yang melafalkan Alfatihah menjadi Alfatekah. Bahkan, lafal Asar mengadi Ngasar. “Orang Jawa kayak begitu biasa,” tegasnya.

Menurut Nusron, hal itu karena aksentuasi atau logat. Padahal, katanya, Indonesia memiliki banyak logat.

“Kalau ada yang persoalnkan seperti itu, belum paham tentang anatomi multikulturalnya Indonesia, betapa luasnya aksentuasi bahasa di Indonesia," tutur Nusron.

Mantan Ketua Umum GP Ansor Nusron Wahid membela Presiden Jokowi dari berbagai tudingan miring soal pelafalan Alfatihah yang dianggap salah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News