Pemerintah Punya Banyak Proyek Jumbo untuk Jepang

Pemerintah Punya Banyak Proyek Jumbo untuk Jepang
Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut B Panjaitan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, ada banyak proyek bernilai besar yang akan ditawarkan ke Jepang. Menurutnya, proyek-proyek jumbo itu akan dibahas dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Bogor, Jawa Barat pada 15 Januari nanti.

Menurut Ruhut, di antara proyek jumbo yang akan ditawarkan ke Jepang itu adalah jalur kereta cepat Jakarta-Surabaya dan pengembangan Blok Masela. Nilainya mencapai miliaran dolar AS (USD).

Ruhut mengatakan, nilai pengembangan blok Masela mencapai USD 16 miliar plus. Selain itu ada pula proyek petrochemical senilai USD 9 miliar.

“Jadi banyak proyek, termasuk yang diajukan Ibu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, red) seperti di Natuna," kata Luhut usai rapat koordinasi terbatas di Istana Negara, Rabu (11/1).

Hanya saja, Luhut belum punya angka pasti soal nilai proyek yang ditawarkan ke Jepang. Namun, angkanya bisa mencapai USD 40 miliar.

Mantan kepala staf kepresidenan itu menambahkan, untuk nilai investasi kelistrikan saja paling tidak USD 12 miliar. “Masela 25 miliar dolar," ujar mantan Menkopolhukam ini.(fat/jpnn)


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, ada banyak proyek bernilai besar yang akan ditawarkan


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News