PKH Lahirkan Generasi Muda Kompetitif

PKH Lahirkan Generasi Muda Kompetitif
Presiden Jokowi juga menyerahkan sertifikat graduasi bagi tiga KPM Mandiri Sejahtera, bantuan beasiswa terhadap tiga anak KPM PKH berprestasi. Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan anak-anak yang pintar dan sehat agar bisa berkompetisi dengan negara lain.

"Mereka pemimpin-pemimpin masa depan, oleh karena itu, ibu-ibu penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) harus sadar betul bahwa anak sehat dan cerdas menjadi suatu keharusan," kata Jokowi di hapadan 2.000 peserta kegiatan sosialisasi Bantuan Sosial PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai di GOR Bulungan Jakarta Selatan, kemarin.

Jokowi pun meminta agar anggaran PKH yang diberikan pemerintah digunakan untuk tambahan gizi anak. "Gizi anak penting untuk kesehatan dan kecerdasan. Direm bu, direm. Jangan langsung dihabiskan. Bulan april bantuan tahap dua akan masuk," ujar Presiden.

Baca juga: Keluarga Penerima PKH Sudah Bisa Cairkan Dana

Presiden berharap penggunaan bantuan sosial yang diterima kelak dapat digunakan sesuai peruntukkannya. "Penggunaan tepat sasaran. Bisa untuk seragam sekolah anak, beli sepatu dan tas sekolah, serta susu, telur, ikan atau ayam untuk menambah asupan gizi anak", harap Presiden.

Pada kegiatan tersebut, Jokowi juga menyerahkan sertifikat graduasi bagi tiga KPM Mandiri Sejahtera, bantuan beasiswa terhadap tiga anak KPM PKH berprestasi sebagai wujud apresiasi pemerintah serta sosialisasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang rencananya akan diluncurkan tahun depan.

Baca juga: Perkuat PKH, Mensos Imbau Pemda Alokasikan Dana Dampingan

Sementara itu, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan hasil evaluasi World Bank tahun 2018 bahwa PKH memiliki dampak positif dalam hal peningkatan konsumsi perkapita, konsumsi protein, mengurangi gizi buruk dan stunting serta meningkatkan partisipasi sekolah.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan anak-anak yang pintar dan sehat agar bisa berkompetisi dengan negara lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News