Selain Penghilang Stres, Ini Manfaat Lain Membaca untuk Kesehatan

Selain Penghilang Stres, Ini Manfaat Lain Membaca untuk Kesehatan
Membaca. ILUSTRASI. Foto: Pixabay.com

jpnn.com - Membaca merupakan aktivitas yang mempunyai banyak manfaat. Selain menambah wawasan serta informasi, membaca juga bisa bermanfaat bagi otak dan tubuh manusia.

Berikut ulasan mengenai manfaat membaca bagi otak dan tubuh manusia, seperti dilansir laman Care2, Senin (18/2).

1. Penghilang stres

Pertama dan mungkin yang paling jelas, membaca bisa menjadi alat penghilang stres yang sangat baik. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Essex menemukan bahwa membaca hanya selama 30 menit bisa lebih efektif dalam menghilangkan stres daripada mendengarkan musik atau minum teh. Dan itu penting, karena mengurangi tingkat stres adalah perhatian besar bagi banyak orang di masyarakat modern.

2. Kembangkan kecerdasan emosional

Ketika Anda mengikuti karakter favorit Anda dalam sebuah cerita, Anda akan mengembangkan keterampilan untuk belajar bagaimana merasakan perasaan mereka. Bahkan, Anda mulai merasakan emosi yang sama. Proses mental ini secara ilmiah disebut sebagai "pencerminan" dan sering disebut empati, adalah penanda kuat kecerdasan sosial dan emosional.

3. Meningkatkan kecerdasan linguistik dan matematis

Sangat jelas bahwa membaca bisa meningkatkan keterampilan kosakata dan tata bahasa Anda. Jelas, semakin banyak kata dan struktur kalimat yang Anda sadari, maka akan semakin banyak Anda akan menyerapnya. Membaca juga bisa meningkatkan keterampilan matematika, terutama pada anak-anak.

Membaca merupakan aktivitas yang mempunyai banyak manfaat. Selain menambah wawasan serta informasi, membaca juga bisa bermanfaat bagi otak dan tubuh manusia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News