Cerdaskan Generasi Muda Lewat Budaya Membaca

Cerdaskan Generasi Muda Lewat Budaya Membaca
BANGKITKAN LITERASI: Pemkot Surabaya berupaya mencerdaskan anak-anak dengan meningkatkan minat baca, salah satunya melalui program kampung’e Arek Suroboyo. Foto Andy Satria/Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur memiliki program kampung yang sangat menarik. Program tersebut dinamakan Kampung’e Arek Suroboyo.

Dengan program ini kampung-kampung di Surabaya tentunya semakin unggul. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Wiwiek Widayati mengatakan, program Kampung’e Arek Suroboyo telah digagas sejak tahun lalu.

Namun baru bisa dilaksanakan pada tahun ini. “Ada enam program kampung sehat, kampung aman, kampung kreatif, kampung asuh (peduli), kampung pendidikan, dan kampung literasi,” ucapnya.

Dengan adanya program ini, Wiwiek berharap ada beberapa elemen yang bisa langsung diterapkan setiap kampung di Surabaya.

Di mana tujuannya tetap untuk mencerdaskan anak-anak Surabaya lewat minat baca atau literasi.

“Bila semua kampung di Surabaya bisa menerapkan itu, maka tanpa campur tangan pemerintah pun akan tumbuh sendiri,” ungkap Wiwiek seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Jumat (26/5).

Salah satunya yakni Kampung Literasi, yang follow up-nya untuk mencerdaskan warga Surabaya. Sebab menurut Wiwiek, minat baca atau angka literasi di Surabaya mulai tumbuh.

“Di Taman Baca Masyarakat (TBM) semakin banyak yang berkunjung,” ucapnya.

Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur memiliki program kampung yang sangat menarik. Program tersebut dinamakan Kampung’e Arek Suroboyo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News