Setuju Bawaslu Punya Peran Intelijen

Setuju Bawaslu Punya Peran Intelijen
Bendera partai peserta pemilu. Ilustrasi Foto: Puji Hartono/dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali menyambut baik gagasan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang mengusulkan agar peran lembaganya diperkuat hingga menjadi ‎unit intelijen pemilu (election intelligence unit).

‎"Saya kan sudah apresiasi Bawslu dari hari ke hari ada inovasi yang membuat pengawasan (pemilu,red) lebih baik. Jadi tentu kami dengan senang hati (menyambut usulan Bawaslu,red), " ujar Zainuddin di Jakarta, Jumat (20/1).

Meski demikian, kata politikus Partai Golkar ini, usulan tersebut penting untuk secara resmi disampaikan ke DPR terlebih dahulu. Untuk kemudian nantinya dibahas pada revisi Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu.

"‎Itu kan baru usulan mereka. Tapi saya secara pribadi menyambut baik, sepanjang itu untuk perbaikan-perbaikan," ucap Zainuddin.

Sebelumnya, ‎Ketua Bawaslu Muhammad mengatakan, pihaknya mengusulkan konsep election intelligent unit.

Sebagai bagian dari upaya deteksi dini, early warning, mitigasi dan prediksi terhadap potensi terjadinya pelanggaran pemilu.(gir/jpnn)


Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali menyambut baik gagasan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang mengusulkan agar peran lembaganya diperkuat hingga


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News