Sigaret Kretek Tangan Paling Pas Gantikan Pasar Rokok Ilegal

Sigaret Kretek Tangan Paling Pas Gantikan Pasar Rokok Ilegal
Ilustrasi pekerja membuat rokok. Foto: Radar Bromo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Dewan Penasihat Forum Masyarakat Industri Rokok Seluruh Indonesia (Formasi) Andriono Bing Pratikno mengatakan, produk legal yang paling mungkin mengisi pangsa yang ditinggalkan rokok ilegal adalah sigaret kretek tangan (SKT), terutama golongan II dan III.

Pasalnya, harganya setara dengan rentang harga rokok ilegal. Namun, selama ini produsen SKT terbentur pada aturan pemerintah.

Mengisi pangsa yang ditinggalkan rokok ilegal berarti menambah jumlah produksi. Penambahan jumlah produksi dapat membuat produsen membayar cukai di golongan tarif lebih mahal.

Dengan demikian, harga akan menjadi kurang kompetitif dengan rokok ilegal tanpa cukai.

"Harga memang menjadi faktor pemicu konsumsi rokok ilegal. Harga jual eceran (HJE) rokok ilegal rata-rata Rp 6.000 hingga Rp 8.000. Sementara rokok legal dengan jenis sama bisa mencapai Rp 15.000 atau dua kali lipat dari HJE rokok ilegal. Akibatnya, ada konsumen yang memilih produk ilegal," ucap Andriono, Sabtu (22/9).

Karena itu, dia mendorong pemerintah memberi insentif kepada SKT.

Menurut dia, pemerintah akan diuntungkan jika memberi kelonggaran jumlah produksi pada industri SKT.

Insentif itu bisa membantu pemerintah menekan produk ilegal. Sebab, produsen akan mencoba menambah produksi untuk memasok pasar.

produk legal yang paling mungkin mengisi pangsa yang ditinggalkan rokok ilegal adalah sigaret kretek tangan (SKT), terutama golongan II dan III.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News