Tantowi: Sumsel Sangat Siap Gelar Asian Games 2018

Tantowi: Sumsel Sangat Siap Gelar Asian Games 2018
Tantowi Yahya. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Sumatera Selatan (Sumsel) telah siap menjadi penyelenggara perhelatan Asian Games XVIII pada 2018. Putra daerah asli Sumsel Tantowi Yahya mengatakan, kesiapan wilayahnya menjadi tuan rumah ajang olahraga terbesar se-Asia tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, Tantowi menegaskan, pembangunan fisik dan fasilitas venue untuk Asian Games XVIII di Sumsel sudah sesuai jadwal.

Pria yang kini menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru itu menambahkan, adanya fasilitas venue olahraga yang berada di satu kompleks sangat menjamin kelancaran penyelenggaraan pertandingan. Dia mengatakan, Sumsel juga menyediakan fasilitas menginap untuk atlet di wisma yang dekat dengan venue.

"Ini menjamin kelancaran dan kenyaman atlet dan official karena tidak harus melalui macet yang melelahkan," ujar politikus Partai Golkar tersebut saat dihubungi wartawan, Selasa (7/3).

Tantowi mengatakan, semestinya Sumsel mendapat porsi penyelenggaraan cabang olahraga (cabor) lebih banyak dibanding Jakarta. Dia pun menyatakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora) perlu mengkoreksi pembagian cabang olahraga tersebut.

"Seharusnya demikian. Karena, even olahraga multi cabang seperti Asian Games harus disaksikan oleh banyak penonton. Saya yakin betul animo masyarakat Sumsel jauh lebih besar dibanding Jakarta," ujar mantan wakil ketua Komisi I DPR ini.

Seperti diketahui, Sumsel hanya memperoleh jatah menggelar 10 pertandingan cabang olahraga pada pelaksanaaan even Asian Games mendatang. Adapun kesepuluh cabor tersebut yakni kano/kayak, dayung, menembak, triatlon, sepak takraw, panjat tebing, sepakbola, bola voli, tenis dan bola basket.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel Alex Noerdin pada Minggu (5/3) 'pamer' kesiapan wilayahnya layak menjadi penyelenggara Asian Games 2018 di hadapan delegasi Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia/ OCA).

"Inilah kondisinya. Perwakilan OCA juga sudah melihat secara langsung persiapan yang kami lakukan," kata dia di Griya Agung, Palembang.

Sumatera Selatan (Sumsel) telah siap menjadi penyelenggara perhelatan Asian Games XVIII pada 2018. Putra daerah asli Sumsel Tantowi Yahya mengatakan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News