Universitas Terbuka jadi Leader Online Learning

Universitas Terbuka jadi Leader Online Learning
Rektor UT Prof Ojat Darojat. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, TANGSEL - Ditetapkannya Permenristekdikti tentang Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) menjadikan Universitas Terbuka (UT) sebagai leader dalam online learning. Untuk lebih mengenalkan UT, Rektor Prof Ojat Darojat mengungkapkan, pihaknya menyelengarakan berbagai kegiatan seperti pemilihan duta UT, kuliah umum dengan menampilkan sejumlah petinggi negara, kegiatan disporseni (diskusi ilmiah olahraga dan seni), dan lainnya.

"Tujuan dari semua kegiatan itu adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tren pendidikan ke depan. Karena kami tahu sekarang ini telah memasuki revolusi industri 4.0," terang Prof Ojat di sela-sela kegiatan Disporseni UT, Jumat (28/9).

UT yang sudah berpengalaman selama 34 tahun menyelenggarakan online learning dan distance learning menjadi bencmark di Indonesia.

Sesuai yang disampaikan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, lanjut Prof Ojat, UT nanti akan menjadi tren penyelenggaraan pendidikan ke depan, ini harus bisa diikuti perguruan tinggi tatap muka lainnya atau konvensional.

"Alhamdulillah UT menjadi leader dalam online learning," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, seiring dengan revolusi industri 4.0 tren pendidikan ke depan diarahkan pada cyber university dan pemerintah akan mendirikan Cyber Institute of Indonesia.

Itu sebuah lembaga yang menjadi watch dog penyelenggaraan online learning di Indonesia. Tujuannya untuk memastikan online learning yang diselenggarakan secara masif tapi kualitasnya tetap terjaga.

Menurut Prof Ojat, yang perlu diantisipasi terkait dengan dua kendala utama. Pertama, akses poin, khususnya terkait akses pendidikan di daerah 3T (terdepan, terluar, terisolir), di mana mereka kesulitan secara cyber/virtual. Karena itu perlu sinergi di antara kementerian termasuk lembaga lain agar mereka yang berdomisili di pinggiran punya akses ke jaringan.

Universitas Terbuka alias UT sudah berpengalaman selama 34 tahun menyelenggarakan online learning dan distance learning.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News