Minggu, 01 Februari 2015 | 15:40:56

Rabu, 27 Oktober 2010 , 12:39:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menerangkan bahwa Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) mengenai Kepala Sekolah (Kepsek), akan segera dipublikasikan. Menurutnya, Permendiknas Kepsek ini nantinya akan mengatur proses pengangkatan dan pencopotan jabatan Kepsek di seluruh daerah di Indonesia.

"Dalam waktu beberapa ke depan akan kami publikasikan. Permendiknas ini pastinya telah berlaku sejak diteken," ungkap M Nuh, ketika ditemui di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Jakarta, Rabu (27/10).

Mendiknas menjelaskan, Permendiknas yang diteken tersebut, nantinya akan menjadi pegangan atau acuan bagi pemerintah daerah (Pemda) dan dinas pendidikan di daerah masing-masing, dalam melakukan pengangkatan dan pencopotan jabatan Kepsek. "Aturan ini tentunya sudah berlaku sejak diteken. Namun, kami akan tetap memberikan masa transisi kepada Pemda dan dinas pendidikan setempat sekitar 1-2 bulan. Dipastikan akan efektif sepenuhnya di tahun ajaran baru," jelasnya.

Ketika disinggung mengenai keluhan PGRI soal maraknya intervensi politik terhadap Kepsek, Mendiknas mengatakan bahwa hal tersebut harus ditangani secara khusus. "Jika ada masalah ini, sebaiknya jangan terlalu eksesif. Tetapi, sebaiknya ditangani secara khusus. Oleh karena itu pula lah, mengapa kami mengeluarkan Permendiknas Kepsek ini," imbuh mantan Menkominfo ini pula.

Lebih lanjut Mendiknas menambahkan, keberadaan Permendiknas Kepsek ini juga dapat dijadikan sebagai suatu kebijakan untuk memberikan perlindungan bagi Kepsek. Artinya, pemerintah ingin memberikan perlindungan agar jangan sampai terjadi perubahan-perubahan di dalam aturan birokrasi, yang keluar dari substansi, sehingga menghilangkan standar yang sudah ditetapkan.

"Esensinya, pemerintah ini melindungi sistem secara keseluruhan, agar pihak luar tidak dapat semena-mena melakukan intervensi yang tidak pas," ucap Mendiknas. (cha/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
 

        此页面上的内容需要较新版本的 Adobe Flash Player。

        获取 Adobe Flash Player