Minggu, 21 September 2014 | 15:08:59
Home / Berita Daerah / Sumbar / Seleksi CPNS Mentawai tetap Serentak

Rabu, 03 November 2010 , 07:53:00

BERITA TERKAIT

PADANG -- Meski tengah dilanda bencana, seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Mentawai akan tetap dilakukan serentak dengan kabupaten/kota serta provinsi Sumbar. Ini dikarenakan sudah merupakan kesepakatan bersama pemkab/pemko.

“Sebelumnya, pelaksanaan ujian CPNS Mentawai serentak dengan 16 kabupaten/kota. Sementara, ujian CPNS provinsi sama dengan Kota Payakumbuh dan Pasaman, karena sama-sama satu kali,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Jayadisman.

Hingga saat ini, jadwal ujian CPNS 2010 belum pasti. Pasalnya, KemenPAN belum mengeluarkan surat keputusan terkait verifikasi formasi yang diajukan setiap daerah.“Kabar terakhir yang saya dapat dari KemenPAN, SK tersebut akan keluar minggu ini. Namun yang pasti, pelaksanaannya tetap dilangsungkan dalam tahun ini. Paling tidak akhir November,” ungkapnya.

Sementara untuk pelaksanaan ujian, sebut Jayadisman setelah disepakati, pelaksanaannya digawangi Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi (FE) UI. Dari namanya, lembaga ini memang tidak ada kaitannya dengan rekrutmen atau manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Tapi, Jayadisman memastikan lembaga yang ditunjuk Rektor UI itu hanya sebagai pelaksana.

“Untuk soal, penilaian dan perancangan sistematika seleksi, lembaga ini tetap didukung lembaga berbasis manajemen SDM. Tidak mungkinlah universitas sekelas UI akan melaksanakannya serampangan,” kata mantan Kepala Inspektorat Sumbar ini.

Dalam pelaksanaannya nanti, Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) akan dilaksanakan terpisah. Dimana, hanya mereka yang lulus TKD bisa mengikuti TKB. “Jumlah mereka yang akan ikut TKD, adalah dua kali dari jumlah formasi yang dibutuhkan. Misalnya, dalam satu formasi butuh tiga orang. Artinya, yang akan ikut TKB adalah mereka yang sudah lulus TKD sebanyak enam orang,” tukasnya. (ndy)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar