Dua Hari Lagi Pendataan Ternak Tuntas

35 Barak Wasior Siap Huni

Dua Hari Lagi Pendataan Ternak Tuntas
Dua Hari Lagi Pendataan Ternak Tuntas
JAKARTA - Pendataan ternak korban Merapi diharapkan tuntas dalam dua hari ke depan. Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengatakan bahwa tenggat akhir pendataan ternak milik warga Kawasan Rawan Bencana III Gunung Merapi akan tuntas pada Minggu (14/11) nanti. "Setelah itu baru masuk ke tahapan selanjutnya yakn verifikasi data," ujar Menko Kesra Agung Laksono kepada wartawan di Kantor Kemenko Kesra Jakarta, Kamis (11/11) kemarin.

Menko Kesra menjelaskan, saat ini pendataan tengah dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kemenpan) melalui dinas peternakan dan pertanian setempat. Tujuan pendataan, kata dia, adalah agar ada akuntabilitas dan transparansi. Setelah pendataan tuntas, pemerintah akan melakukan proses evakuasi dan pelaksanaannya dikoordinasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementan dan TNI/Polri.

"Proses selanjutnya adalah eksekusi, dengan tetap memperhatikan kelengkapan administrasi dalam rangka proses transaksi sesuai Petunjuk Operasional Kegiatan," katanya.

Ia menambahkan bahwa akan ada proses pengawasan oleh Inspektorat bersama Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan. Dia juga menambahkan, pemerintah tidak akan memaksakan masyarakat untuk menjual ternak mereka. "Karena program ini tidak bersifat memaksa, jika masyarakat mau menjuala maka pemerintah akan membelinya dengan harga yang pantas," katanya.

JAKARTA - Pendataan ternak korban Merapi diharapkan tuntas dalam dua hari ke depan. Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News