Plat Hitam Dilarang Gunakan BBM Subsidi

Plat Hitam Dilarang Gunakan BBM Subsidi
Plat Hitam Dilarang Gunakan BBM Subsidi
JAKARTA — Dari dua opsi pembatasan BBM subsidi yang direncanakan, pemerintah akhirnya memutuskan untuk melakukan pembatasan BBM subsidi pada seluruh kendaraan mobil plat hitam daripada berdasarkan tahun keluar kendaraan. Pemerintah pun menjamin, ketersediaan BBM non subsidi tidak akan terganggu dengan pemberlakuan pembatasan per 1 Januari 2011.

"2011 itu seluruh kendaraan plat hitam harus isi Pertamax. Sedangkan untuk premium (BBM subsidi) hanya untuk plat kuning, roda dua, roda tiga dan nelayan. Semua yang bersubsidi akan dibatasi, semua plat hitam juga tidak boleh lagi menggunakan yang bersubsidi,’’ kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, di Jakarta, Jumat (3/12).

Hatta menjanjikan, pemerintah akan sangat siap mengantisipasi lonjakan non subsidi pasca dibatasinya pembelian BBM subsidi. Pada tahap awal, pembatasan BBM subsidi diberlakukan untuk wilayah Jawa, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dan Pulau Bali.

"Semua SPBU Pertamina sudah sangat siap untuk pembatasan. Terhadap inflasi dampaknya cuma sekali, karena tidak mengulang dan yang terkena bukanlah angkutan umum. Selain itu, ke logistik juga tidak berimbas langsung,’’ kata Hatta.

JAKARTA — Dari dua opsi pembatasan BBM subsidi yang direncanakan, pemerintah akhirnya memutuskan untuk melakukan pembatasan BBM subsidi pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News