Hatta Rajasa Tokoh Parpol Paling Dominan di Pemberitaan

Hatta Rajasa Tokoh Parpol Paling Dominan di Pemberitaan
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga Menko Perekonomian, Hatta Rajasa. Foto : JPPhoto
JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Rajasa, tercatat sebagai ketua umum parpol yang paling tinggi dalam hal jumlah pemberitaan. Posisi sebagai Menko Perekonomian di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II menjadikan Hatta hampir setiap hari muncul di pemberitaan media.

Berdasarkan hasil survey terhadap 10 tokoh partai politik di tujuh media cetak yang dilakukan lembaga nirlaba Developing Countries Studies Centre (DCSC) dalam kurun waktu 18 Oktober–18 Desember 2010, Hatta Rajasa ditempatkan oleh media dengan porsi terbanyak. Dari total 1185 artikel di tujuh media cetak yaitu Indopos, Rakyat Merdeka, Kompas, Media Indonesia, Suara Pembaruan, Seputar Indonesia dan Republika, terdapat 292 artikel (24,6 persen) tentang Hatta Rajasa.

Dalam paparan hasil survei DCSC yang dipaparkan di Jakarta, Selasa (28/12), Direktur eksekutif DCSC Zaenal Budiyono menyatakan, Hatta terdongkrak dengan pemeritaan tentang rencana pemberlakuan pembatasan BBM bersubsidi dan IPO PT Krakatau Steel. "Posisi sebagai Menko menjadikan Hatta unggul dan dominan pemberitaan media," ulas Zaenal.

Di bawah Hatta ada nama Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie dengan 251 artikel (21,2 persen), diikuti Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di urutan ketiga dengan 202 artikel (17 persen). Nama Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum ada di urutan keempat dengan 173 berita (14,6 persen), dan Ketua Umum PPP Suryadharma Ali di urutan kelima dengan 116 artikel (9,8 persen).

JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Rajasa, tercatat sebagai ketua umum parpol yang paling tinggi dalam hal jumlah pemberitaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News