Kejagung Siapkan Memori Kasasi Agusrin

Kejagung Siapkan Memori Kasasi Agusrin
Kejagung Siapkan Memori Kasasi Agusrin
JAKARTA - Kejaksaan Agung kemarin telah mulai menggarap memori kasasi setelah Kejaksaan Tinggi Bengkulu menerima salinan putusan terdakwa korupsi Gubernur Bengkulu Agusrin M. Najamudin dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"Jaksanya datang langsung ke PN Jakarta Pusat untuk mempersingkat waktu, karena kasasi sudah didaftarkan ke Mahkamah Agung sejak 1 Juni. Jaksa hanya punya waktu 14 hari untuk menyusun dan mengajukan memori kasasi," tutur Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Noor Rachmad, Selasa (7/6).

Noor menyatakan, kejaksaan yakin langkah mengajukan kasasi tidak bertentangan dengan Pasal 244 KUHAP yang menyatakan bahwa, permintaan kasasi tidak bisa diajukan terhadap putusan bebas.

Wakil Jaksa Agung Darmono juga meyakini jaksa masih dapat menempuh upaya kasasi bila dapat menunjukkan ada kekeliruan dalam penerapan hukum atau hakim melampaui kewenangan. "Selama ada alasan yang bisa diajukan untuk kasasi, bisa saja diajukan kasasi meski putusan hakim bebas. Pada praktiknya (kasasi terhadap putusan bebas) itu memungkinkan," terangnya.

JAKARTA - Kejaksaan Agung kemarin telah mulai menggarap memori kasasi setelah Kejaksaan Tinggi Bengkulu menerima salinan putusan terdakwa korupsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News