Ekonomi Dunia Memasuki Fase Bahaya Baru

Ekonomi Dunia Memasuki Fase Bahaya Baru
Ekonomi Dunia Memasuki Fase Bahaya Baru
JAKARTA - Dana Moneter Internasional (IMF)  memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia, termasuk Indonesia, untuk tahun ini dan tahun depan. Laporan World Economic Outlook edisi September 2011 yang dirilis kemarin menyebutkan perekonomian global berada dalam fase baru yang berbahaya. Fase ini diiringi pelemahanan aktivitas ekonomi global yang semakin merata dan risiko jebloknya kepercayaan masyarakat dunia.

Laporan itu menunjukkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia pada 2011 dan 2012 masing-masing hanya 4 persen. Proyeksi itu lebih pesimistis dibanding prediksi sebelumnya yang dirilis Juli lalu sebesar 4,3 persen untuk 2011 dan 4,5 persen pada 2012.

Dana Moneter juga merevisi turun proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 6,4 persen tahun ini dan 6,3 persen pada 2012. Proyeksi tersebut mengoreksi prediksi sebelumnya yang memperkirakan ekonomi Indonesia di 2011 dan 2012 bisa tumbuh 6,5 persen.

Kepala ekonom IMF Olivier Blanchard menyatakan ekonomi dunia bakal masuk dalam fase bahaya baru. AS dan Eropa mengalami penurunan paling tajam dari sisi ekonomi setidaknya akhir tahun depan. IMF memprediksi pertumbuhan ekonomi AS hanya tumbuh 1,5 persen di 2011 dan 1,8 persen tahun depan. Proyeksi itu jauh dari target dari pemerintahan AS, yaitu 2,5 persen tahun ini dan 2,7 persen di 2011. “Ekonomi global memasuki fase bahaya baru. Pemulihan bakal makan waktu,” kata Blanchard, Rabu (21/9).

 

JAKARTA - Dana Moneter Internasional (IMF)  memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia, termasuk Indonesia, untuk tahun ini dan tahun depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News