22 Merk Kopi Kandung Obat Berbahaya

22 Merk Kopi Kandung Obat Berbahaya
22 Merk Kopi Kandung Obat Berbahaya
JAKARTA - Pecandu kopi di Jatim harus waspada. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan delapan merek dagang kopi kemasan produksi Sidoarjo mengandung bahan kimia obat (BKO) jenis Tadalafil dan Sildenafil.

 

Kepala BPOM Kustantinah mengatakan bahwa secara keseluruhan, pihaknya telah meneliti 56 produk kopi dalam kemasan. Setelah diuji di laboratorium, hasilnya terdapat 22 merek kopi dalam kemasan yang mengandung BKO jenis Tadalafil dan Sildenafil. "Keduanya adalah golongan obat keras yang hanya dapat diperoleh dengan resep dokter," ujarnya.

 

Menurut Kustantinah, dua jenis obat itu mempunyai efek terapi untuk pengobatan disfungsi ereksi. Tapi, obat-obatan tersebut hanya digunakan untuk mengobati orang sakit. Tidak seharusnya dikonsumsi orang sehat.

Pada prinsipnya, lanjut Kustantinah, seluruh produk pangan, termasuk kopi dalam kemasan, dilarang dicampur dengan BKO. Tadalafil dan Sildenafil jika dikonsumsi tanpa resep dokter, apalagi sampai berlebihan, bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Efek obat-obatan yang masuk kategori lingkaran merah itu bisa mengakibatkan sakit kepala.

 

JAKARTA - Pecandu kopi di Jatim harus waspada. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan delapan merek dagang kopi kemasan produksi Sidoarjo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News