Siap-Siap, Gerhana Bulan Total 50 Menit

Siap-Siap, Gerhana Bulan Total 50 Menit
Siap-Siap, Gerhana Bulan Total 50 Menit
PALEMBANG--Pada 10 Desember nanti, prediksi astronomi akan terjadi gerhana bulan total. Hal ini sama dengan data empiris hisab rukyat 2011 yang dikeluarkan Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama RI.

“Tidak selama gerhana bulan Juni lalu yang mencapai 100 menit. Ini hanya sekitar 50 menit saja,” ujar Kakanwil Kemenag Sumsel Drs H Najib Haitami MM melalui staf tim hisab rukyat Jamilul Achmadi SAg, kemarin (5/11).

Menurut Jamilul, proses gerhana bulan total 10 Desember nanti termasuk cukup panjang. Bulan mulai masuk penumbra (bayang semu di sekitar umbra) pada 18.33.36 WIB (pukul 18. 33 menit. 36 detik) dan bulan keluar penumbra pada pukul 00.29.57 WIB.

Gerhana bulan total merupakan peristiwa dimana seluruh penampang bulan tertutupi oleh bayangan bumi. Peristiwa ini terjadi saat matahari,  bumi  dan bulan berada dalam satu garis lurus sehingga sinar matahari yang mestinya menyinari bulan terhalang oleh bumi.

PALEMBANG--Pada 10 Desember nanti, prediksi astronomi akan terjadi gerhana bulan total. Hal ini sama dengan data empiris hisab rukyat 2011 yang dikeluarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News