Rabu, 26 November 2014 | 20:50:13
Home / Politik / Parpol / KPU Jamin Verifikasi 1,2 Juta KTP Lancar

Selasa, 07 Februari 2012 , 07:23:00

TIDAK terasa pendaftaran berkas dukungan calon pasangan independen, akan digelar Rabu (8/2), besok. Tim pasangan calon independen, minimal harus mengantongi 4 persen dukungan warga DKI Jakarta. Atau sebanyak 407.340 jiwa.

Menurut anggota KPU DKI Jakarta yang membidangi pencalonan, Jamaluddin F Hasyim, pihaknya mendengar akan ada tiga pasangan yang mendaftar dari jalur independen. Itu berarti sedikitnya ada 1,2 juta KTP berkas dukungan yang harus di verifikasi. Terkait hal itu, lembaga penyelenggara pemilu tersebut dihadapkan pada sejumlah pertanyaan.

“Kami sering ditanya sanggup tidak memverifikasi dukungan warga sampai 1,2 juta. Kami tegaskan, kami sanggup melakukan itu,” terang Jamaluddin, kemarin (6/2).

Apalagi kata dia, jadwal verifikasi cukup lama. Untuk tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) mulai 14 Februari hingga 27 Februari. “Verifikasi faktualnya pada tanggal 17 hingga 27 Februari,” terangnya.

Sedangkan verifikasi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dimulai 28 Februari hingga 5 Maret 2012. Kemudian untuk tingkat KPU Kota mulai 6 Maret hingga 12 Maret 2012. “Dalam verifikasi faktual, kita akan buat jadwal, biar tidak bentrok. Hari libur kami juga akan lakukan verifikasi. Bahkan tidak menutup kemungkinan dilakukan malam hari,” pungkas Jamaluddin.

Sementara itu, terkait verifikasi dukungan, KPU Kota di DKI Jakarta telah menggeber bimtek buat PPK dan PPS. Bahkan diantaranya ada yang menggelar simulasi verifikasi. “Kami telah lakukan simulasi verifikasi. Penyandang disabilitas kami ikutkan juga,” terang anggota KPU Jakarta Barat Junaidi. (dai)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar