Keren, FB Sponsori Persija

Keren, FB Sponsori Persija
Keren, FB Sponsori Persija

jpnn.com - KEPALA saya tiba-tiba membesar. Dada saya ikut-ikutan menggelembung seolah-olah hendak meledak. Sulit menyembunyikan rasa bangga saya terhadap Persija Jakarta! Betul-betul Persija di dadaku! Bagaimana tidak? Ada “FB” yang menempel di dada kaus orange Persija! Pikiran saya langsung terbang menembus awan Samudera Pasifik 24 jam ke Negeri Paman Sam sana.

Markas Facebook Inc, yang diciptakan oleh si jenius Mark Zuckerberg. Wow, surprise betul. FB itu penyelamat ekonomi AS yang tengah diguncang krisis saat ini. FB, perusahaan berbasis internet yang nilai kapitalisasinya menembus USD 41 Miliar? Langsung mendongkrak popularitas Presiden Barack Obama. Kalau di IDR-kan, setara dengan Rp 369 triliun.

Seperempat jumlah APBN Republik Indonesia saat ini. Salut, jempol dua, FB menempel di dada kostum kebanggaan Persija. Mengapa bangga? Pertama, ini adalah satu-satunya tim sepak bola Indonesia yang disponsori perusahaan IT internasional yang sangat bonafide. Berarti, Persija dianggap bisa mewakili bonafiditas dan image FB.Inc.

Persija dinilai memiliki publik atau pendukung yang multinasional pula, yang bisa menjadi pijakan FB.Inc. untuk membuat lompatan sejarah baru yang lebih jauh. Belum ada klub di seluruh dunia, yang disponsori FB. Bangga saya! Kedua, nilainya pasti besar, atau paling tidak, yang terbesar dari seluruh sponsor yang ada, karena FB itu mengambil posisi di dada.

:TERKAIT Itu berarti, manajemen Persija sangat solid dan cerdas. Tim Marketing Persija berkelas dunia, mampu menggaet perusahaan Amerika yang harga per lembar sahamnya sudah menembus USD 16 itu. Ketiga, saya menduga akan ada revolusi baru pasca temuan FB, yang masih dirahasiakan, yang bisa membuat dunia semakin sempit. Dunia kian tak berbatas oleh sekat-sekat jarak dan waktu.

Dunia semakin terkoneksi dan bisa diakses di komputer maupun HP. Saya menduga FB akan menyatukan members dunia maya ke dunia nyata. Saya menduga, itu diuji coba di Stadion Gelora Bung Karno dengan gate pertandingan home Persija. Saya menduga, Persija akan belanja pemain, pelatih, dan ofisial agar betul-betul layak disebut Barcelona FC-nya Indonesia, atau Real Madrid-nya Nusantara.

Keempat, FB sudah mencium ada “bisnis besar” di balik sepak bola Indonesia. Meskipun prestasinya sedang terkubur oleh konflik internal di badan regulasinya, PSSI. FB pasti sudah memiliki hitungan benefiditas timbal balik yang positif ketika memutuskan mensponsori Persija. Sehingga FB yang sudah sukses melewati situs lelang ternama, eBay di bursa Nasdaq, yang masih di kepala USD 39,3 M itu bisa semakin melejit dari angka saat ini USD 41 M.

Sasaran berikutnya, mengejar Amazon.Com.Inc yang sudah USD 74,4M yang berada di peringkat kedua. Dan sasaran puncaknya mengejar Google.Com.Inc yang menembus USD 192,9 Miliar. Kelima, kebanggan saya karena saya juga pengguna jejaring sosial itu, untuk mempromosikan tulisan-tulisan Indopos di wall Facebook. Tentu, sebagai media, saya bisa turut mendompleng promosi dan sekaligus berkomunikasi dengan pembaca-pembaca yang juga suka meng-up date status.

KEPALA saya tiba-tiba membesar. Dada saya ikut-ikutan menggelembung seolah-olah hendak meledak. Sulit menyembunyikan rasa bangga saya terhadap Persija

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News