Ekspor Walet Bisa Langsung ke Tiongkok

Ekspor Walet Bisa Langsung ke Tiongkok
Ekspor Walet Bisa Langsung ke Tiongkok
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian menjamin saat ini Indonesia bisa mengekspor langsung sarang burung walet ke Tiongkok tanpa melalui pihak ketiga, yaitu Malaysia. Hal ini terkait dengan penandatanganan protokol ekspor sarang walet antara Indonesia - Tiongkok.

"Sekarang sudah dapat dilakukan ekspor langsung ke Tiongkok. Ada standardisasi bersama antara Tiongkok - Indonesia, dan saat ini sedang dibahas secara teknis," kata Menteri Pertanian, Dr Suswono.

Mantan Wakil Ketua Komisi IV DPR itu menambahkan, dengan standar tersebut, maka terjadi transparansi antara kedua belah pihak. Misalnya ada komplain dari Tiongkok, maka langsung dapat dicari asal eksportirnya. Sebaliknya, bagi Indonesia standar tersebut menguntungkan dari sisi harga jualnya.

"Sebagaimana diketahui, sebelum ada kesepakatan bersama itu belum ada pengaturan secara khusus tentang ekspor sarang burung walet tersebut. Karena itu, ada pihak yang memanfaatkan celah dengan mudah, yaitu dengan mengekspor secara ilegal tanpa ada jaminan mutu," jelasnya seperti dikutip di situs Kementan.

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian menjamin saat ini Indonesia bisa mengekspor langsung sarang burung walet ke Tiongkok tanpa melalui

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News