Pemerintah Harus Seriusi Pengangguran Terdidik

Pemerintah Harus Seriusi Pengangguran Terdidik
Pemerintah Harus Seriusi Pengangguran Terdidik
JAKARTA – Anggota Komisi XI DPR-RI, Kemal Azis Stamboel menilai tingginya pengangguran terdidik menjadi persoalan yang perlu mendapatkan perhatian serius pemerintah. Menurutnya, pemerintah perlu menciptakan lapangan kerja bagi pengangguran terdidik yang profesional dan memiliki keahlian agar bisa berkarya di berbagai sektor ekonomi.

“Kita masih melihat bahwa pengangguran dari kalangan terdidik masih tinggi. Ini harus menjadi basis evaluasi penting dari proses pendidikan kita,”ujar Kemal di Jakarta, Rabu (9/5).

Berdasarkan data BPS, hingga Februari 2012 lalu Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) mencapai 6,32 persen dengan jumlah total penganggur men capai 7,6 juta orang. Untuk TPT tingkat pendidikan Diploma dan Sarjana, masing-masing 7,5 persen dan 6,95 persen dari angka pengangguran.

Sementara TPT pendidikan menengah masih tetap menempati posisi tertinggi. TPT lulusan Sekolah Menengah Atas sebesar 10,34 persen dan TPT Sekolah Menengah Kejuruan sebesar 9,51 persen. Meski demikian TPT bulan Februari 2012 itu memang turun dibanding Februari 2011 yang mencapai 6,80 persen.

JAKARTA – Anggota Komisi XI DPR-RI, Kemal Azis Stamboel menilai tingginya pengangguran terdidik menjadi persoalan yang perlu mendapatkan perhatian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News