Kucurkan Duit untuk Daerah Peraih Nilai Unas Terjelek

Kucurkan Duit untuk Daerah Peraih Nilai Unas Terjelek
Kucurkan Duit untuk Daerah Peraih Nilai Unas Terjelek
JAKARTA - Setiap tahun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengucurkan Rp 1 miliar untuk setiap kabupaten atau kota peraih nilai unas jeblok. Kucuran ini digunakan untuk membantu peningkatan pendidikan setempat. Untuk tahun ini, bantuan tetap dikucurkan namun jumlahnya belum ditetapkan.

 

Mendikbud Muhammad Nuh menuturkan, bantuan pemberian uang kepada daerah peraih nilai yang kurang bagus ini merupakan bentuk intervensi pemerintah pusat. Dia mengatakan, intervensi ini dalam prakteknya mampu meningkatkan pendidikan di daerah tertentu.

 

Nuh mencontohkan pemberian subsidi pascaunas kepada Provinsi NTT beberapa tahun lalu. Setelah bantuan diberikan sebesar Rp 1 miliar per kota atau kabupaten, hasil unas di NTT terus mengalami peningkatan.

Sekarang tingkat kelulusan di NTT terus naik walaupun masih berada di juru kunci diantara provinsi se Indonesia. Tahun ini, tingkat ketidaklulusan unas SMA/sederajat di NTT 5,50 persen.

 

JAKARTA - Setiap tahun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengucurkan Rp 1 miliar untuk setiap kabupaten atau kota peraih nilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News