Yusril : Birokrasi Buruk, Paksa Pejabat Baik Jadi Jahat

Yusril : Birokrasi Buruk, Paksa Pejabat Baik Jadi Jahat
Yusril : Birokrasi Buruk, Paksa Pejabat Baik Jadi Jahat
JAKARTA--Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra mengkritik sistem birokrasi baik di daerah maupun pusat yang tidak tertata dengan baik. Hal ini mengakibatkan tindak pidana korupsi merajalela.  Bahkan kebijakan yang buruk itu menimbulkan celah pejabat yang baik menjadi jahat.

Hal ini diungkapkan Yusril saat menjadi pembicara dalam diskusi nasional bertema "Upaya Menghindari Akibat Hukum Pidana Korupsi Antara Pejabat Daerah dan Pengusaha Dalam Membangun Kenyamanan Berinvestasi dan Berusaha" di Jakarta, Selasa (11/12).

"Sistem bisa membuat orang yang sebenarnya baik jadi jahat, bisa juga sebaliknya. Coba lihat Singapura, ada aturan jangan buang sampah sembarangan, orang Indonesia ke sana jadi taat aturan. Jadi baik. Coba, kalau orang Singapura ke Batam, dia langsung berlaku serampangan, karena lihat situasinya memang mendukung," papar Yusril.

Selain itu, kata dia, warga negara Indonesia selama ini belum menyadari hidup dalam negara sepenuhnya. Oleh karena itu, ketika melakukan tindak pidana korupsi baik di daerah maupun pusat, mereka tidak memikirkan dampaknya bagi kerugian negara.

JAKARTA--Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra mengkritik sistem birokrasi baik di daerah maupun pusat yang tidak tertata dengan baik. Hal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News