Peserta SNMPTN 2013 Diprediksi 1,5 juta Orang

Peserta SNMPTN 2013 Diprediksi 1,5 juta Orang
Peserta SNMPTN 2013 Diprediksi 1,5 juta Orang
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memprediksi dengan digratiskannya sistem seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2013, maka pesertanya akan mencapai angka 1,5 juta orang.

Dipaparkannya, dalam SNMPTN tahun depan yang sudah resmi dilaunching Kemdikbud bersama panitia SNMPTN beberapa hari lalu, ada dua terobosan baru yang dihasilkan, pertama, ada pengakuan PTN terhadap Ujian Nasional (UN) karena digunakan sebagai parameter dalam SNMPTN.

"Kedua, tahun 2013 itu tidak pakai bayar untuk mendaftar ke PTN, itu amanah UU 12 tahun 2012. Apalagi diintegrasikan dengan bidikmisi," ujar Mohammad Nuh dengan bangga di depan anggota Komisi X DPR RI, saat Rapat Kerja, Kamis (13/12) malam.

Peserta UN yang bebas dari biaya ini adalah jalur undangan, karena dalam sistem SNMPTN tahun depan ujian tulis dihapuskan, dan itu berlaku untuk kuota 60 persen dari total jumlah penerimaan mahasiwa baru.

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memprediksi dengan digratiskannya sistem seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News